Penyebab & Cara Mengatasi Obesitas (Kegemukan) Dan Resikonya Pada Anak/Bayi/Remaja .  Terlampau sedikit berolahraga, mengonsumsi fast food atau makanan terlampau banyak beberapa besar dari kita ketahui inilah pemicu dari obesitas. Pemicu obesitas amatlah kompleks seperti factor genetik, biologis, tingkah laku serta budaya. Pada prinsipnya, obesitas berlangsung saat seseorang makan semakin banyak kalori dari pada kalori yg dapat dibakar oleh tubuh. Bila di antara orangtua gemuk, 50 % kemungkinan bahwasanya anak-anak mereka akan gemuk. Tetapi, apabila ke-2 orangtua gemuk, anak-anak mempunyai kesempatan 80 % jadi obesitas. Walau masalah medis spesifik bisa mengakibatkan obesitas, kurang dari 1 % dari seluruh obesitas dikarenakan oleh problem fisik. Jumlah tidur anak Anda barangkali dapat sama pentingnya, menurut studi dlm Archives of Disease in Childhood. Beberapa peneliti mendapatkan bahwasanya anak-anak yg tidur kurang dari jumlah yg dianjurkan pd umur 2 th. lebih condong jadi gemuk pd umur 7 th..



 Tersebut pemicu kegemukan atau obesitas pd anak :

  1. Pola makan yg buruk
  2. Makan atau ngemil terlampau banyak
  3. Kurangnya olahraga
  4. Kisah keluarga menderita obesitas
  5. Penyakit medis (endokrin, beberapa masalah neurologis)
  6. Obat (steroid, sebagian obat psikiatris)
  7. Stress atas satu peristiwa atau pergantian (perpisahan, perceraian, geser lingkungan, kematian, pelecehan)
  8. Problem dng keluarga atau teman
  9. Rasa rendah diri
  10. Depresi atau problem emosional lainnya

Efek yang bisa disebabkan obesitas pd anak-anak mencakup :

  1. Peningkatan risiko penyakit jantung
  2. Tekanan darah tinggi
  3. Diabetes
  4. Problem Pernapasan
  5. Problem Tidur

Anak dan remaja yg alami obesitas juga mempunyai problem emaosional yg lebih tinggi. Remaja dng problem berat badan condong mempunyai rasa yakin diri yg rendah serta kurang percaya diri dng rekan sebaya mereka. Disamping itu perasaan depresi, kekhawatiran, serta masalah obsesif kompulsif juga bisa berlangsung.

Bagaimana mengatasi masalh obesitas pd anak..?

obesitas anak-anak membutuhkan evaluasi medis menyeluruh oleh dokter anak atau keluarga utk memperhitungkan kemungkinan pemicu fisik. Dng tak adanya masalah fisik, hanya satu langkah utk turunkan berat badan yaitu mengurangi jumlah kalori yg dimakan serta utk menambah kegiatan fisik seperti olahraga dan lain-lain. Sudah pasti ini cuma dapat berlangsung saat ada semangat diri dari anak ataupun orangtua. Di karenakan obesitas kerap merubah kian lebih satu anggota keluarga, bikin makan sehat serta olahraga teratur kegiatan keluarga bisa menambah kemungkinan sukses utk mengendalikan berat badan anak atau remaja.

Langkah utk menangani obesitas pd anak-anak serta remaja meliputi :

  1. Bikin Program utk mengendalikan berat badan
  2. Mengubah rutinitas makan (makan perlahan-lahan, yg kedepannya dengan cara teratur)
  3. Mengontrol pola makan dan menyeleksi makanan yg dapat dikonsumsi (kurangi makan makanan berlemak, jauhi junk food serta fastfood)
  4. Kontrol porsi serta mengonsumsi sedikit kalori
  5. Menambah kegiatan fisik (terlebih jalan) serta mengubah pola hidup lebih aktif
  6. Makan berbarengan keluarga, bukan hanya sembari melihat televisi atau di depan komputer
  7. Tidak berikan makanan sbg hadiah
  8. Batasi ngemil

Obesitas kerap jadi problem seumur hidup. Remaja yg alami obesitas mesti belajar utk makan makanan sehat serta nikmati pola makan sehat dlm jumlah moderat serta berolahraga dengan cara teratur utk melindungi berat badan yg di idamkan. Orang tua dari seorang anak bisa membangun keyakinan diri anak-anak mereka dng menghimpitkan pada anak perihal mutu hidup dari pada cuma fokus pada saatlah berat badan mereka.

RUMUS BERAT BADAN IDEAL ANAK BALITA :

Berat Badan Ideal pd bayi atau balita bisa dihitung di mana cocokkan juga type kelamin, anak lelaki serta wanita tidak sama. Menurut WHO yg dimaksud berat badan ideal utk umur 3 bln. yaitu yg masuk dlm range 5, 1 kg - 8, 0 kg serta utk anak 3 th. yaitu 11, 4 kg - 18 kg.

CARA MENGHITUNG BERAT BAYI IDEAL :

1. utk anak di bawah 12 bln. : BBI = (n : 2) + 4

atau (usia (bln) : 2) + 4

2. utk anak 1-10 thn : BBI = (2 kali n) + 8

atau (2 kali usia (thn)) + 8


TAPI HATI HATI JIKA MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL BALITA, SEPERTI CONTOH :

Anak balita umur 2 th. 10 bln.,

artinya ditulis dng n = 2, 10 dan

setelah itu dikali dng 2 (sebagaimana rumus 2n)

jadi akhirnya yaitu 4, 20.

Hasil ini janganlah segera ditambah dng 8,

di karenakan 4, 20 disimpulkan 4 th. 20 bln.,

20 bln. berarti 1 th. 8 bln., jadi 4 + 1, 8 = 5. 8

4, 20 beralih jadi 5, 8, baru lantas ditambah dng 8.

Maka Berat badan Idealnya yaitu 13, 8 kg.



(KF-Koran Warga/v/). Penyebab & Cara Mengatasi Obesitas (Kegemukan) Dan Resikonya Pada Anak/Bayi/Remaja